Senin, 05 Desember 2011

WordPress, Blog Engine Paling Diminati

Aktifitas dunia maya tidak pernah terlepas dari penggunaan blog. WordPress adalah blog egine yang paling banyak diminati karena menarik dan mudah digunkan bahkan oleh seorang pemula. Hal inilah yang membuat WordPress termasuk salah satu situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia dari tahun ke tahun.

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.

WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

WordPress.com dan WordPress.org

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan.Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya.

WordPress dengan Bahasa Indonesia (http://id.wordpress.org⁠) ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro / UNDIP Semarang. Dengan memanfaatkan situs http://id.wordpress.org⁠, seseorang yang tidak mengerti Bahasa Inggris masih dapat menggunakan WordPress dengan mudah.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:



* WordPress.com Untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website seperti http://namadomain.wordpress.com⁠.
* WordPress.org Untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri seperti http://namadomain.com⁠
* Rilis terbaru WordPress adalah versi 2.9.2 (18 Desember 2009). WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU

Kelebihan WordPress

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain :

* Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya (www.wordpress.org) tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
* Berbasis kode sumber terbuka (Open Source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan.
* Template atau desain tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis (http://wordpress.org/extend/themes/⁠).
* Pengoperasiannya mudah. Bagi pemula, tentu hal ini amat membantu.
* Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.
* Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger / Blogspot, LiveJournal, TypePad, dan beberapa mesin blog lain, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress.
* Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress. Banyak forum yang mendukung pengembangan WordPress ini. Contohnya : http://wordpress.org/support/⁠, http://id.forums.wordpress.com/⁠, dan http://id.forums.wordpress.com/⁠.
* Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang (http://wordpress.org/extend/plugins/⁠), karena para pengembang web di Indonesia juga memberikan kontribusinya kepada WordPress. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, dan sebagainya.
* Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
* Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
* Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi (http://wordpress.org/extend/⁠).
* Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Misalnya jika kita mempunyai artikel tentang “DKI Jakarta” kita dapat memasukkan artikel tersebut dalam kategori “Tentang Indonesia”, “Propinsi di Indonesia”, atau “Wilayah di Pulau Jawa”. Dengan multi kategorisasi ini pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
* Fasilitas Trackback dan Pingback. Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress. Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).



WordPress dan WordCamp di Indonesia

WordCamp merupakan konferensi yang fokus pada hal-hal yang berhubungan dengan WordPress. WordCamp menjadi acara resmi yang diselenggarakan oleh masyarakat pengguna WordPress. Setiap pengguna baik pengguna akhir (end user) maupun pengembang dapat berpartisipasi dalam WordCamp. Semua saling berbagi ide, dan mengenal satu sama lain. WordCamp terbuka bagi pengguna WordPress.com dan juga WordPress.org.

Valent Mustamin selaku salah satu penyelenggara WordCamp 2010 di Indonesia menjelaskan bahwa berdasarkan data WordPress, Jakarta memiliki jumlah pengunjung halaman yang unik (unique visitor) sebanyak 5.971.919. Jakarta menjadi kota nomor satu di dunia untuk jumlah pengunjung dan meningkat dibandingkan tahun 2009. Di bawah Jakarta terdapat Sao Paulo dengan 3.627.353 pengunjung unik ; London dengan 3.106.790; dan Meksiko dengan 2.388.013. Januari tahun ini (2010), WordPress merekam tingkat kunjungan ke situs WordPress di beberapa negara. Dari hasil perekaman tersebut diketahui bahwa Indonesia menempati posisi lima dunia dengan 10.791.557 pengunjung halaman yang unik. Posisi nomor satu masih ditempati oleh Amerika dengan jumlah pengunjung halaman yang unik dengan 91.984.365, disusul dengan Brasil 22.379.967, Inggris dengan 13.593.967 dan Kanada dengan 10.896.310.

Mengonfigurasi WordPress di Ubuntu

WordPress adalah software open source gratisan yang awalnya dirancang untuk blog. Saat ini, ia telah berkembang sedemikian dahsyat berkat ribuan plug-in yang beredar di internet. Bagi para blogger yang selalu tersambung ke dunia maya, tidak perlu lagi mahal-mahal membeli server hosting. Cukup pakai Ubuntu, aktifkan LAMP, dan tada! Anda sudah bisa ngeblog. Tidak perlu repot lagi upload data karena isi blog bisa di-copy paste seperti halnya operasi file biasa.

Cara u mengonfigurasi Ubuntu dalam wordpress.

1. Jalankan Terminal dan ketik: sudo apt-get install wordpress
2. Buat symbolic link folder www Apache2 ke folder instalasi Anda dan instal database MySQL baru bernama localhost untuk menggunakan WordPress. Ketik perintah berikut di Terminal: sudo ln -s /usr/share/wordpress /var/www/wordpress sudo bash /usr/share/doc/wordpress/examples/setup-mysql -n wordpress localhost
3. Jika Anda sudah memiliki nama host untuk WordPress, jangan gunakan localhost, tapi pakai nama host tersebut. Sebagai contoh, kalau website blog Anda adalah sayacoba.com, ketikkan perintah: sudo bash /usr/share/doc/wordpress/examples/setup-mysql -n wordpress sayacoba.com
4. Jika Anda akan mengakses server WordPress Anda melalui virtual host, buat file konfigurasi virtual host di folder /etc/apache2/sites-available. Jika sudah, buat symbolic link dari ke folder /etc/apache2/sites-enabled.
5. Restart apache2 dengan perintah: sudo /etc/init.d/apache2 restart
6. Sekarang, instal WordPress lewat browser. Ketik alamat berikut di browser: http://localhost/wordpress. Atau, jika Anda menggunakan virtual host, ketikkan alamat situs web Anda.
7. WordPress bawaan dari repositori Ubuntu 9.10 masih menggunakan WordPress yang mengandung bug. Jangan lupa untuk meng-update-nya usai instalasi di atas

Microsoft Pasrahkan Live Spaces ke WordPress

Siapa menyangka perusahaan raksasa sebesar Microsoft akhirnya tak sanggup mengelola layanan blognya. Windows Live Spaces yang saat ini telah digunakan sekitar 30 juta orang di seluruh dunia pun dipasrahkan kepada WordPress.com. “Ketimbang berinvestasi di Windows Live dalam persaingan layanan blog, kami memilih langkah terbaik yang dapat kami lakukan bagi konsumen dengan memberikannya solusi blog terbaik melalui WordPress.com,” demikian pernyataan resmi Microsoft yang ditulis Dharmesh Mehta, Direktur Windows Live Product Management, dalam blog resminya. Kesepakatan antara Microsoft dan WordPress ini diumumkan dalam konferensi Techcrunch Disrupt yang digelar di San Francisco, Senin.

Dalam waktu dekat, pengguna yang akan memperbarui halamannya di Windows Live Space akan dihadapkan pada halaman migrasi ke WordPress. Pengguna yang tidak berkenan beralih ke WordPress bisa memilih untuk mengunduh semua kontennya ke komputer atau menghapus blognya. Proses transisi ini akan dilakukan dalam waktu enam bulan. “Dalam periode enam bulan, mulai hari ini, pengguna Windows Live Spaces akan diminta memindahkan blognya ke WordPress.com,” kata Paul Kim dalam blog WordPress. Ia menambahkan, pihaknya telah menyediakan layanan migrasi yang memudahkan pengguna mengalihkan semua kontennya ke alamat web yang baru. Begitu sukses dialihkan, pengguna dapat mengumumkan alamat yang baru ke teman-temannya melalui Live Messenger. Masuknya pengguna layanan blog Microsoft bakal menambah pangsa pasar WordPress.com. Saat ini sekitar 8,5 persen web di dunia menggunakan platform WordPress. Platform WordPress digunakan sekitar 26 juta situs web, sementara WordPress.com digunakan 250 juta pengguna

WordPress di Nokia

Kini ngeblog semakin mudah saja dilakukan melalui perangkat mobile seperti ponsel. Baru-baru ini platform blog WordPress bisa diakses oleh ponsel-ponsel Nokia, salah satu merek ponsel yang masih begitu populer di Indonesia. WordPress baru-baru ini merilis secara resmi aplikasi WordPress untuk ponsel Nokia. Aplikasi tersebut bisa diakses melalui toko aplikasi mobile virtual milik Nokia, Ovi Store. Versi WordPress dari Nokia ini muncul belakangan, menyusul WordPress versi Android, iPhone, dan BlackBerry, yang telah meluncur sebelumnya. Aplikasi ini bisa digunakan baik untuk blog yang menggunakan hosting gratis di server WordPress maupun blog-blog yang dihosting di tempat lain, yang menggunakan engine dan content management system (CMS) WordPress.

Karena WordPress adalah proyek open source, pengguna juga bisa mengambil kode sumber aplikasi ini dan memodofikasinya. Applikasi ponsel ini mendukung WordPress versi 2.7 dan versi di atasnya. Seperti halnya WordPress versi-versi lainnya, aplikasi Nokia ini gratis. Sayangnya, versi ini masih belum bisa bekerja di atas ponsel-ponsel versi Symbian^3, seperti Nokia N8, C6, dan C7. Setidaknya, ia bisa berjalan di perangkat handset Nokia N97 Mini, dan Nokia X6. Praktis, kini aplikasi mobile WordPress hanya belum tersedia di platform Windows Phone 7.

Serangan Virus dan Hackers

Ratusan pemilik blog yang diperkuat oleh WordPress, baru-baru ini mendapati website mereka tidak bisa diakses setelah database mereka diganggu peretas. Serangan tersebut bahkan mampu menyerang versi terbaru dari WordPress dan belum ditemukan celah yang digunakan untuk merusak database blog.

Sucuri Security Labs, penyedia layanan monitoring integritas website melaporkan bahwa jumlah blog yang diserang pekan lalu cukup mengkhawatirkan. Penyerang tersebut berupaya untuk diam-diam mengarahkan pengunjung blog ke situs lain yang mengandung script berbahaya. Menurut Sucuri, sebagian besar situs yang diserang di-hosting di Network Solutions.

Gejala umum dari serangan adalah value “siteurl” pada database “wp_options” diubah. Umumnya, variabel tersebut mengandung URL utama webiste. Akan tetapi, setelah di-hack, nilainya diubah menjadi ke dalam elemen yang menjurus ke situs berbahaya.

Berhubung “siteurl” tidak ditujukan untuk menyimpan kode HTML, modifikasi ini tentu mengubah keseluruhan layout blog dan mencegah pengguna dan admin masuk ke website yang ia miliki. Teknik ini juga menunjukkan bahwa penyerang merupakan amatir yang tidak terlalu paham seputar platform WordPress. Yang menarik, sampai saat ini belum ada yang berhasil menunjukkan celah keamanan yang digunakan oleh penyerang untuk masuk ke situs berbasis WordPress. Celah bisa jadi ada di WordPress, atau ada di plug-in. “Satu-satunya cara mengubah database seperti itu adalah dengan SQL injection atau ada masalah lain pada database milik Network Solutions. “Selain itu, pada log akses juga tidak ada catatan aktivitas yang mencurigakan.

Meski demikian, Shashi Bellamkonda, Head of Social Media Strategy Network Solutions, menyanggah bahwa hanya blog yang di-hosting di tempatnya yang terpengaruh serangan tersebut. “Tidak akurat kalau menyebutkan hanya pelanggan layanan Network Solutions saja yang terpengaruh serangan ini,” ucap Bellamkonda. “Tampaknya serangan seperti ini telah berlangsung beberapa pekan terakhir,” ucapnya.

Memperbaiki entry “siteurl” yang dirusak dari database juga tampaknya tidak cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, sejumlah webmaster telah melaporkan bahwa blog mereka kembali terinfeksi. Disarankan, admin atau webmaster mengganti secara manual nilai “siteurl” dari wp-config.php situs mereka.

Ratusan pemilik blog yang diperkuat oleh WordPress, baru-baru ini mendapati website mereka tidak bisa diakses setelah database mereka diganggu peretas. Serangan tersebut bahkan mampu menyerang versi terbaru dari WordPress dan belum ditemukan celah yang digunakan untuk merusak database blog.

Sucuri Security Labs, penyedia layanan monitoring integritas website melaporkan bahwa jumlah blog yang diserang pekan lalu cukup mengkhawatirkan. Penyerang tersebut berupaya untuk diam-diam mengarahkan pengunjung blog ke situs lain yang mengandung script berbahaya. Menurut Sucuri, sebagian besar situs yang diserang di-hosting di Network Solutions.

Gejala umum dari serangan adalah value “siteurl” pada database “wp_options” diubah. Umumnya, variabel tersebut mengandung URL utama webiste. Akan tetapi, setelah di-hack, nilainya diubah menjadi ke dalam elemen yang menjurus ke situs berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar